Aturan Resmi Pasang Bendera Merah Putih 2022

  • Bagikan
Aturan Resmi Pasang Bendera Merah Putih 2022
Aturan Resmi Pasang Bendera Merah Putih 2022

HARIAN.ID – Aturan Resmi Pasang Bendera Merah Putih 2022 Seperti diketahui apabila sekarang Ini sudah memasuki bulan Agustus dan Sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia ketika memasuki bulan ini maka ada beberapa tanggal yang memang sangat penting salah satunya adalah kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945. Selanjutnya biasanya di bulan Agustus sangat identik dengan pemasangan bendera merah putih akan tetapi banyak dari masyarakat yang belum mengetahui tentang kapan pasang bendera merah putih.

Bagi anda semua yang memang belum mengetahui terkait kapan pasang bendera merah putih di beberapa tempat termasuk di daerah anda, maka sebetulnya sudah ada aturan yang berlaku dari pemerintah Indonesia terkait waktu dan tanggal untuk pemasangan tersebut. Apalagi dengan memasang bendera merah putih, hal tersebut menjadi salah satu bukti apabila kita bersyukur atas kemerdekaan Indonesia.

Diketahui apabila setiap memasuki bulan Agustus maka masyarakat di Indonesia suka berlomba-lomba untuk mempercantik wilayah mereka dengan memasang umbul-umbul atau lampu di jalan maupun di depan rumah dan selanjutnya mereka juga suka memasang bendera merah putih yang siap menghiasi jalanan di setiap daerah dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Namun terkadang dari masyarakat Indonesia, ternyata banyak yang belum mengetahui kapan pemasangan bendera merah putih dan apa saja aturan di saat memasang bendera tersebut.

Aturan Resmi Pasang Bendera Merah Putih 2022

Untuk anda semua yang belum mengetahui terkait aturan pemasangan bendera sang saka merah putih maka hal ini bisa dilihat dari surat edaran Menteri Sekretaris Negara terkait penyampaian tema logo dan partisipasi dalam menyemarakkan peringatan HUT RI ke-77 di tahun 2022.

Pengibaran bendera merah putih sepertinya diperbolehkan untuk dikibarkan mulai tanggal 1 sampai tanggal 31 Agustus sehingga bagi Anda yang sudah ingin memasang bendera maka silakan untuk dipasang dikarenakan sudah sesuai dengan ketentuan dari pemerintah yaitu diperbolehkan memasang bendera sejak tanggal 1 Agustus.

Selanjutnya untuk masalah pernak-pernik arti baliho sampai umbul-umbul, maka diharuskan memasang mulai 20 Juli sampai 31 Agustus 2022 dan selanjutnya aturan pemasangan bendera merah putih sudah ditetapkan melalui undang-undang nomor 24 tahun 2009 dimana undang-undang mengatur terkait Bendera bahasa dan lambang negara juga lagu kebangsaan Indonesia.

Pada undang-undang nomor 24 tahun 2009 mengatur terkait ukuran bendera merah putih yaitu harus berbentuk persegi panjang dengan ukuran lebar 2 per 3 dari panjang bendera dan selanjutnya di bagian atas bendera harus berwarna merah jernih.

Keduanya mempunyai ukuran yang sama dengan penggunaan kain yang warnanya tidak luntur namun tidak seluruh bendera merah putih mempunyai ukuran yang sama dikarenakan di setiap tempat misalnya di Istana Kepresidenan maka bendera merah putih berukuran 200 * 300 cm.

Sementara untuk di lapangan umum masalah ukuran bendera diharuskan berukuran 120 * 180 cm. Bagi Anda yang penasaran tentang ukuran pemasangan bendera merah putih sesuai dengan peraturan pemerintah, maka berikut adalah penjelasannya.

  • Ukuran di Istana Kepresidenan: 200 x 300 cm
  • Ukuran di Lapangan umum: 120 x 180 cm
  • Ukuran di Kereta api: 100 x 150 cm
  • Ukuran di Kapal: 100 x 150 cm
  • Ukuran di Penggunaan di ruangan: 100 x 150 cm
  • Ukuran di Mobil presiden dan wakilnya: 36 x 54 cm
  • Ukuran di Mobil pejabat negara: 30 x 45 cm
  • Ukuran di Pesawat udara: 30 x 45 cm
  • Ukuran di Kendaraan umum: 20 x 30 cm
  • Ukuran di Penggunaan di meja: 10 x 15 cm

Tempat yang wajib mengibarkan bendera merah putih

Harus kalian ketahui ada beberapa tempat yang di harus dan diwajibkan untuk memasang bendera merah putih diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Istana Presiden dan Wapres
  2. Gedung lembaga negara
  3. Gedung lembaga pemerintah
  4. Gedung lembaga pemerintah nonkementerian
  5. Gedung lembaga pemerintah daerah
  6. Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
  7. Gedung perwakilan Republik Indonesia di luar negeri
  8. Gedung  satuan pendidikan
  9. Gedung swasta
  10. Rumah presiden dan wakilnya
  11. Rumah pejabat pimpinan lembaga negara
  12. Rumah jabatan menteri
  13. Rumah jabatan pimpinan lembaga pemerintahan nonkementerian
  14. Rumah jabatan gubernur, bupati, walikota, dan camat
  15. Gedung jabatan lain
  16. Pos perbatasan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
  17. Lungkungan TNI dan Polri
  18.  Taman makam pahlawan nasional
  • Bagikan