Puasa Asyura Fadilah dan Niat Yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW

  • Bagikan
Fadilah Dan Niat Puasa Asyura
Fadilah Dan Niat Puasa Asyura

HARIAN.ID – Puasa Asyura Fadilah dan Niat Yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW Salah satu puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam adalah puasa Asyura dimana Puasa ini merupakan salah satu puasa sunnah yang dijalankan di bulan Muharram atau bulan Suro di mana diketahui apabila umat muslim belakangan ini baru memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H dan diketahui apabila bulan ini menjadi salah satu bulan suci dengan 1000000 keutamaan dimana siapapun yang berkuasa maka akan mendapatkan keuntungan.

Puasa Asyura menjadi salah satu puasa sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW di bulan Muharram selanjutnya Bulan Muharram merupakan salah satu bulan suci ya memang sudah diperintahkan oleh Rasulullah untuk memperbanyak amalan ibadah puasa sunnah dikarenakan menurut Rasul apabila Muharram menjadi salah satu bulan terbaik terutama untuk berpuasa setelah bulan Ramadan.

Jika berbicara tentang sejarah puasa ini maka dipastikan sangat panjang di mana ternyata puasa ini ini bermula dari sejarah Nabi Muhammad SAW ketika melakukan peristiwa hijrah dari Mekah ke Madinah melakukan puasa lalu mereka bertanya terkait beberapa hal.

Di mana Di dalam satu hadis yang diriwayatkan oleh imam muslim nabi Muhammad SAW bersabda: Hari ini adalah hari dimana Allah SWT memberikan kemenangan kepada nabi Musa AS dan Bani Israil atas raja Firaun, maka kami berpuasa untuk menghormati Nabi Musa selanjutnya Nabi Muhammad SAW bersabda, kami umat muslim lebih utama menguasai Nabi Musa dibandingkan dengan kalian dan selanjutnya Nabi memerintahkan umat Islam untuk berpuasa di hari Asyura.

Niat puasa Asyura

Untuk anda semua yang akan berpuasa di bulan Asyura maka berikut adalah niat yang bisa kalian rasakan baik Arab dan juga artinya.

نَوَيْتُ صَوْمَ عَاشُوْرَاءَ سُنَّةً لِلهِ تَعَالى

Latin: Nawaitu sauma asyuro sunatan lillahi ta’ala

Artinya: Aku berniat puasa Asyura sunnah karena Allah Ta’ala.

Hukum puasa Asyura

Seperti diketahui apabila Asura diambil dari kata asyara yang artinya bilangan 10 dan untuk hukum puasa Asyura sendiri adalah Sunda yaitu hanya dianjurkan dan mendapatkan pahala bagi yang mengerjakan akan tetapi tidak berdosa bagi yang tidak mengerjakan.

Keutamaan puasa Asyura

Ada beberapa keutamaan yang bisa didapatkan bagi Anda yang melaksanakan puasa di bulan Asyura seperti beberapa hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh imam muslim diantaranya sebagai berikut:

  1. Bisa menjadi penebus dosa kecil
  2. Allah SWT mengangkat derajat orang yang berpuasa di bulan Asyura
  3. Bulan Asyura menjadi bulan yang dianjurkan berpuasa setelah bulan Ramadan
  • Bagikan