3 Fakta Roy Suryo Resmi Ditahan Polisi Kasus Meme Stupa Mirip Jokowi

  • Bagikan
Roy Suryo Resmi Ditahan Polisi
Roy Suryo Resmi Ditahan Polisi

HARIAN.ID – 3 Fakta Roy Suryo Resmi Ditahan Polisi Kasus Meme Stupa Mirip Jokowi Belum lama ini penyidik Polda Metro Jaya resmi menahan mantan menteri Menpora yaitu Roy Suryo dimana diketahui apabila Roy resmi menjadi tersangka atas kasus penistaan agama tepatnya kasus meme stupa mirip Jokowi dimana dirinya dilaporkan oleh pemuka agama dan beberapa orang terkait penistaan agama dan uu ite.

Roy Suryo resmi ditahan polisi terkait kasus penistaan agama Meme stupa mirip Jokowi dan diketahui apabila ia ditahan pada hari Jumat 5 agustus dan selanjutnya Roy Suryo langsung diamankan pihak kepolisian usai sebelumnya diketahui beredar fakta ia sempat touring dan videonya mendadak viral di medsos.

Video diduga mengunggah gambar meme stupa Candi Borobudur yang selanjutnya Diedit di bagian wajah yang menyerupai wajah presiden Indonesia yaitu Presiden Jokowi dan selanjutnya penahanan dilakukan usai Roy Suryo menjalani pemeriksaan lebih lanjut dengan durasi yang sangat panjang bertempat di gedung subdit Cyber ditreskrimsus polda Metro Jaya.

Fakta Roy Suryo ditahan polisi

Berikut adalah beberapa fakta yang berhasil kami rangkum tentang menteri Menpora era Presiden SBY yang ditahan oleh pihak Kepolisian.

Dijerat dengan beberapa pasal

Diketahui apabila usai munculnya kasus penistaan agama dan juga pelecehan kepada Presiden Jokowi roy Suryo ditetapkan sebagai tersangka pada tanggal 22 Juli ia dijerat pasal 28 ayat 2 junto pasal 45 UU No 19 tahun 2016 terkait ite.

Selanjutnya iya dijerat dengan pasal 156 a uu hukum pidana kUHP terkait penodaan agama dan selanjutnya pasal 15 UU No 1 tahun 1946.

Ditahan selama 20 hari

Menurut Kombes endra Zulfan selaku Kabid humas Polda Metro Jaya apabila Roy akan ditahan selama 20 hari ke depan terhitung semenjak hari Jumat untuk keperluan penyidikan pihak Kepolisian dan selanjutnya penanganan raiso Rio dilakukan karena dikhawatirkan tersangka menghilangkan barang bukti jika tetap dibiarkan bebas.

Akun Twitter Suryo disita polisi

Selanjutnya pihak kepolisian menyita akun Twitter milik Roy Suryo bernama @KRMTRoySuryo2 hal ini dilakukan dikarenakan akun menjadi barang bukti dan dipastikan akan menjadi bukti dalam persidangan.

Selanjutnya polisi mengatakan akun milik Roy adalah akun yang mengunggah meme stupa mirip Jokowi dan selanjutnya yang disita di antaranya handphone milik saudara roy dan handphone dari saksi atas nama Ade Suhendrawan.

Roy Suryo ikut touring

Salah satu hal yang saat ini tengah viral yaitu penahanan pada X menpora dilakukan setelah sebelumnya ia kedapatan mengikuti touring bersama komunitas mobil Mercedes Benz padahal diketahui waktu itu pria yang sering disebut pakar telematika ini sedang berstatus tersangka penistaan agama.

Ia sempat melakukan klarifikasi terkait video yang beredar luas di mana menurutnya touring komunitas mobil Mercedes Benz yang berlangsung pada hari Minggu 31 Juli di Rest Area Km 11 Tol Jagorawi hanya untuk merayakan hari ulang tahun salah seorang anggota komunitas mbsl yaitu mantan Wakapolri komjen purnawirawan Nanan Sukarna.

Selanjutnya Kenapa ia mengikuti touring dikarenakan dirinya masih dalam proses pemulihan kesehatan ketika menghadiri acara malahan ia didampingi oleh asisten dan tidak mengenali sendiri mobil yang ia miliki.

  • Bagikan