Keutamaan dan Niat Puasa Ayyamul Bidh Terlengkap

  • Bagikan
Niat Puasa Ayyamul Bidh
Niat Puasa Ayyamul Bidh

HARIAN.ID – Keutamaan dan Niat Puasa Ayyamul Bidh Terlengkap Puasa ayyamul bidh adalah salah satu puasa sunnah yang biasa dilakukan tiap pertengahan bulan hijriah dan selanjutnya untuk niat puasa ayyamul bidh bisa dilakukan setelah salat Isya atau sebelum sahur dan setelahnya. Untuk pelaksanaan Puasa ini dilakukan selama 3 hari diantaranya tanggal 13-14 tanggal 15 di bulan hijriyah.

Untuk niat puasa ayyamul bidh bisa kalian baca pada artikel kali ini dan selanjutnya untuk hukum puasa tersebut adalah sunnah muakkad atau sunnah yang dianjurkan dan hal tersebut sesuai dengan Hadis Rasulullah SAW yang artinya: Diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiallahu anhu ia berkata, rasulullah SAW sering tidak makan atau berpuasa pada hari-hari yang malam yang cerah baik di rumah dan dalam perjalanan, hR An Nasa’i dengan sanad Hasan.

Niat puasa ayyamul bidh

Untuk anda semua yang ingin berpuasa maka pastinya harus mengetahui niat yang dibacakan dan hampir sama dengan puasa sunnah yang lain seperti puasa Sunah Senin Kamis maka puasa ayyamul bidh dilakukan dengan niat puasa mutlak dan untuk niatnya adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Artinya: Aku berniat puasa ayyamul bidh karena Allah Ta’ala.

Untuk niatnya sendiri maka dianjurkan di dalam hati dan juga disunahkan mengucapkan dengan lisan dan selanjutnya niat puasa ayyamul bidh bisa dilakukan semenjak malam hari sampai siangnya sebelum masuk waktu zawal atau ketika matahari tergelincir ke barat dengan syarat belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa semenjak terbit fajar atau semenjak waktu salat subuh.

Disunnahkan untuk sahur dan diutamakan sahur dilakukan menjelang waktu salat subuh atau sebelum imsak dan juga ketika berpuasa maka hamster dari semua hal yang bisa membatalkan pada puasa itu sendiri seperti makan minum dan lain sebagainya.

Keutamaan puasa ayyamul bidh

Ada beberapa keutamaan Bagi siapapun yang melaksanakan puasa ayyamul bidh gimana Fadilah tersebut sesuai dengan beberapa Hadits rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Dzar Ra dimana untuk keutamaannya adalah sebagai berikut.

  1. Mendapatkan kebaikan pahala 10 kali lipat
  2. Dilipatgandakan seluruh amal yang dilakukan saat berpuasa
  3. Mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan saat berbuka dan kebahagiaan saat bertemu dengan Allah SWT.
  • Bagikan