Ahok Masuk 5 Besar Cawapres 2024 Versi Survei Algoritma

  • Bagikan
Ahok Masuk 5 Besar Cawapres 2024 Versi Survei Algoritma
Ahok Masuk 5 Besar Cawapres 2024 Versi Survei Algoritma

HARIAN.ID – Ahok Masuk 5 Besar Cawapres 2024 Versi Survei Algoritma Salah satu berita dari dunia politik yang menghebohkan dimana Belum lama ini survei algoritma menemukan apabila mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki tjahaya Purnama alias Ahok ternyata bisa tembus dan masuk 5 besar calon wakil presiden atau cawapres 2024.

Ahok masuk bursa cawapres 2024 usai dilakukan sebuah uji kompetensi melalui survei oleh algoritma resort and Consulting dimana dari hasil survei algoritma ternyata banyak dari masyarakat yang masih setia dan memberikan dukungan kepada Ahok untuk bisa maju pada perhelatan politik di tahun yang akan datang.

Tidak terduga apabila ahok berada di urutan 5 dari 23 nama yang terekam melalui survei algoritma malahan Ia mempunyai tingkat keterpilihan atau elektabilitas 3% dan hal tersebut terbilang cukup besar.

Ahok Masuk 5 Besar Cawapres 2024 Versi Survei Algoritma

Menurut Fajar nursahid selaku direktur riset dan program algoritma ada beberapa nama yang mereka ajukan kepada responden di antaranya Ridwan Kamil, sandiaga Uno, AHY, erick Thohir, dan BTP alias Ahok dan ternyata sang mantan Gubernur DKI Jakarta bisa sukses masuk 5 besar.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil posisinya tetap berada di posisi pertama gimana ia memperoleh elektabilitas mencapai 24,6 persen selanjutnya untuk Menteri sandiaga Uno berada di posisi kedua dia memperoleh elektabilitas 14,3 persen.

Disusul posisi ketiga yaitu Agus Harimurti Yudhoyono selaku Ketum Partai Demokrat ia memperoleh suara 8,3 persen dan di posisi ke-4 ditempati oleh menteri BUMN Erick Thohir di mana ia memperoleh polling 7,5 persen.

Ada beberapa nama kandidat populer lain diantaranya adalah Menteri Sosial Tri Rismaharini yang mendapatkan 2,8 persen, selanjutnya Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memperoleh 2,2 persen ketua DPR Puan Maharani yang memperoleh 1,4 persen.

Hasil survei algoritma dilakukan pada tanggal 23 Juli sampai tanggal 5 Agustus 2022 dengan melibatkan 1206 responden pada survei tersebut dengan menggunakan metode wawancara melalui telepon dan untuk margin of error diterapkan kurang lebih 3%.

Selanjutnya untuk survei algoritma menurut Aditya Perdana selaku direktur eksekutif algoritma untuk masalah survei yang mereka lakukan dibiayai oleh anggaran internal dan tidak ada pihak eksternal manapun yang memberikan biaya pada survei yang mereka lakukan.

  • Bagikan