Gejala dan Ciri-ciri Cacar Monyet Yang Patut Diwaspadai

  • Bagikan
Gejala Dan Ciri Ciri Cacar Monyet
Gejala Dan Ciri Ciri Cacar Monyet

HARIAN.ID – Gejala dan Ciri-ciri Cacar Monyet Yang Patut Diwaspadai Seperti diketahui apabila saat ini dunia Tengah Dihebohkan bukan hanya coronavirus Corona akan tetapi salah satu virus yang dianggap oleh WHO patut untuk diwaspadai di penjuru dunia yaitu cacar monyet alias monkeypox. Bagi Anda yang belum mengetahui gejala dan ciri-ciri cacar monyet, maka pada artikel kali ini kami akan membahasnya untuk Anda supaya lebih mengetahui terkait kondisi salah satu wabah penyakit yang menyerang dunia termasuk di Indonesia.

Gejala dan ciri-ciri cacar monyet sebetulnya mudah dikenali walaupun pastinya harus tetap ditentukan oleh dokter dan harus diketahui apabila Indonesia dikabarkan sudah ada ada orang yang terinfeksi cacar monyet sehingga hal ini langsung menjadi pusat perhatian dari pemerintah.

Kementerian Kesehatan di dalam website resminya memberikan informasi apabila di Indonesia sudah ada seorang pria berusia 27 tahun di DKI Jakarta kata yang resmi terinfeksi cacar monyet dan dari riwayat perjalanan diketahui pria ini sempat ke negara Belanda selanjutnya Swiss Prancis dan Belgia.

Pasien tersebut mulai mengalami gejala awal monkeypox tepatnya pada tanggal 11 Agustus dan setelah dirinya melakukan konsultasi ke tenaga kesehatan selanjutnya pria ini langsung masuk di rumah sakit milik Kementerian Kesehatan per tanggal 18 Agustus dan pada tanggal 19 Agustus hasil tes PCR pasien ini ntar konfirmasi positif monkeypox.

Ciri-ciri Cacar Monyet

Berikut adalah beberapa ciri maupun gejala siapapun yang terkena penyakit ini dikarenakan untuk penularannya sendiri yaitu melalui kontak alat atau benda yang terkontaminasi virus dan untuk cirinya adalah sebagai berikut.

Masa inkubasi

Untuk masa ini dimulai selama 5 sampai 13 hari atau 5 sampai 21 hari semenjak seseorang tertular sampai muncul gejala yang memang signifikan.

Masa invasi

Pada masa tersebut yaitu dimulai selama 0 sampai 5 hari semenjak masa inkubasi dan Pada masa ini mulai muncul gejala cacar monyet di antaranya demam tinggi Selanjutnya sakit kepala terdapat benjolan atau pembesaran kelenjar limpa di bagian leher ketiak atau selangkangan.

Masa erupsi

Untuk masa ini terjadi 1 sampai 3 hari pasca demam dan pada masa erupsi mulai muncul ruam di area wajah selanjutnya telapak tangan alat kelamin dan selaput lendir mata dan harus diketahui apabila cacar monyet bisa sembuh sendiri Usai 2-4 minggu setelah masa inkubasi.

Vaksin cacar monyet

Syahril selaku juru bicara Kementerian Kesehatan belum lama ini menjelaskan apabila dalam upaya memerangi penyakit menular monkeypox yang saat ini sudah terdeteksi 1 kasus di Indonesia maka pemerintah akan mengadakan 10.000 dosis vaksin penyakit cacar monyet.

Dikabarkan menurut juru bicara Kementerian Kesehatan apabila sekarang ini produk vaksin yang ada Tengah dilakukan uji klinis BPOM yang dilakukan bersama komite penasihat ahli imunisasi nasional atau Indonesian technical advisory group on immunization supaya bisa tepat dalam pemilihan vaksin untuk monkeypox.

  • Bagikan