Cara Menggabungkan PDF Tanpa Koneksi Internet

  • Bagikan
Cara Menggabungkan PDF Tanpa Koneksi Internet
Cara Menggabungkan PDF Tanpa Koneksi Internet

HARIAN.ID – Cara Menggabungkan PDF Tanpa Koneksi Internet Di masa kini, siapa yang tidak mengenal berkas PDF. Baik para pekerja profesional maupun pelajar, semuanya pernah berurusan dengan PDF. Dokumen berbentuk PDF menawarkan berbagai macam kemudahan. Mulai dari mudah untuk dibuat, dibaca, dikirim, hingga mudah untuk digabungkan. Maka tidak heran kalau PDF maupun aplikasi dan website yang berhubungan dengan PDF sangat populer. Terlebih, jumlah pengguna internet di Indonesia sendiri cukuplah banyak, sehingga kebutuhan untuk menggunakan PDF juga cukup tinggi.

Salah satu aplikasi yang paling banyak dicari adalah aplikasi penggabung PDF. Aplikasi ini biasanya bisa diinstal pada perangkat pintar maupun dengan mengakses website yang menyediakan jasa merge PDF online. Lalu, bagaimana kalau tidak ada koneksi internet? Ternyata ada berbagai aplikasi yang menyediakan layanan penggabungan PDF yang bisa dilakukan secara offline. Inilah 3 cara yang paling banyak dipakai untuk menggabung menggabungkan PDF tanpa koneksi internet.

3 Cara Menggabungkan PDF Tanpa Koneksi Internet

1. Memanfaatkan Fitur Windows 10

Windows 10 merupakan salah satu operating system (OS) yang menyediakan print hack yang bisa digunakan untuk menggabungkan berkas PDF secara offline. Caranya pun relatif mudah untuk dilakukan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih berkas-berkas PDF dari perangkat Anda.
  • Klik kanan dan pilih “Cetak” atau “Print”. Untuk lebih cepat, Anda juga bisa menekan tombol Ctrl+P.
  • Pilih opsi “Microsoft Print to PDF”.
  • Tentukan lokasi untuk meyimpan berkas PDF.
  • Setelah itu, Anda akan mendapatkan berkas PDF yang sudah tergabung. Hal ini tidak hanya berlaku untuk berkas berbentuk dokumen. Berkas berbentuk gambar pun bisa juga dibuat demikian.

Dalam melakukan langkah-langkah di atas, Anda tidak perlu khawatir jika Anda tidak memiliki printer selama Anda tidak ada niatan mencetak berkas PDF tersebut ke dalam bentuk kertas.

2. Menggunakan Adobe Acrobat Pro DC

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi yang satu ini. Semua orang yang tidak asing dengan PDF pasti sangat familiar dengan Adobe Acrobat. Aplikasi ini menyediakan versi gratis dan berbayar. Untuk versi yang gratis, Anda hanya bisa melihat, menandai, dan membagikan berkas PDF Anda. Namun untuk versi yang berbayar, Anda bisa membuat, mengedit, mengekspor, dan menggabungkan PDF milik Anda.

Versi Adobe Acrobat yang paling banyak peminatnya adalah Adobe Acrobat Pro DC. Harganya memang relatif mahal, namun hal tersebut sebanding dengan fitur-fitur yang disediakan. Berkas yang dihasilkan juga memiliki kualitas tinggi. Harga untuk mendapatkan lisensi resmi seumur hidup berkisar dari 4 jutaan. Namun tersedia juga paket yang berlaku bulanan mulai dari 200 ribuan.

Aplikasi ini dapat diinstal di Windows, MacOS, Chromebook, hingga smartphone pilihan Anda. Cara untuk menggunakannya juga sangat mudah. Jika Anda ingin mencoba terlebih dahulu berbagai fiturnya, Anda bisa memilih free trial yang berlaku selama 14 hari. Anda bisa kapanpun membatalkan paket berlangganannya.

3. Memakai PDFMerge

Jika menggunakan Adobe Acrobat Pro DC dirasa terlalu mahal, Anda bisa menggunakan aplikasi PDFMerge yang bisa Anda gunakan secara gratis. Sayangnya aplikasi atau program ini hanya bisa digunakan pada Windows. Fiturnya yang gratis juga mudah untuk digunakan. Anda cukup memilih beberapa berkas PDF yang Anda inginkan dan langsung digabungkan tanpa perlu membuka berkasnya terlebih dahulu. Program ini dapat berjalan dengan lancar pada komputer maupun laptop Anda karena PDFMerge tidak memerlukan memori yang besar untuk menjalankannya.

  • Bagikan