Mengulik Aplikasi 3D Animasi Dari Autodesk Media And Entertainment Collection

  • Bagikan

Perkembangan dunia Entertainment dunia tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi komputer. Industri perfilman hingga permainan game pun ikut menyertakan tampilan 3D yang didapat dari rentetan peranti lunak ternama. Seperti yang ditawarkan oleh kompilasi aplikasi dari Autodesk media and Entertainment collection berikut ini. 

Apa Itu Media And Entertainment Collection

Koleksi aplikasi yang satu ini dirancang dan didesain oleh brand software ternama dunia. Deretan peranti yang masuk dalam paket pun memiliki fokus dan tools untuk membangun gambar ataupun animasi 3D. Dengan fokus terpusat pada industri media dan Entertainment, software terkait memberi kemudahan dalam pembuatan simulasi, render, dan efek kompleks.

Secara garis besar, Anda bisa mengatakan bahwa produk yang tersedia memberi fitur dan tools untuk berbagai kebutuhan pembuatan sequence 3d. Dalam hal ini, kompilasi pun telah diiringi dengan integrasi antara software yang lebih baik. Anda bisa membuat image tiga dimensi, kemudian render, memberikan efek, dan memberi animasi dengan lebih mudah.

Semuanya tersedia dengan kemampuan aplikasi untuk merender berbagai hal tingkat profesional. Seperti contohnya scene perang dengan detail hiper realistik. Terdapat pula aplikasi untuk pemberian efek kompleks seperti salju, api, pasir, hingga ledakan. Dengan setiap aplikasi memiliki tugas dan spesialisasi tertentu, Anda dapat menghasilkan karya setara film profesiional.

Yang Termasuk Di Dalam Paket

1. 3Ds Max

Dalam paket ini, Anda akan dihadirkan beberapa aplikasi 3D ternama. 3D studio max menjadi dasar aplikasi untuk melakukan modeling 3D. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan segala tools dan fitur yang ditawarkan. Seperti membuat animasi character dengan VFX hingga, pembuatan interior dan objek mendetail.

Visualisasi untuk bagian arsitektur kualitas tinggi pun dapat di render dengan hasil over the top. Bahkan, aplikasi terbarunya telah dilengkapi dengan built-in Arnold renderer yang mana memberi pengalaman lebih interaktif dalam pembuatan dunia visual. Proses render pun bisa lebih cepat dengan UI dan kontrol yang lebih user friendly.

2. Arnold

Arnold menjadi software terpercaya dalam pengadaan rendering hiper realistik. Kemampuan Monte carlo ray tracing membantu pekerjaan lebih efisien dan memberi hasil lebih maksimal. Menariknya, Arnold juga memberi opsi rendering CPU dan GPU untuk menyesuaikan kebutuhan. Hal ini dapat memberi hasil yang lebih kompleks dan mendetail.

3. Maya

Untuk hasil imagery 3D animation, maya menjadi salah satu aplikasi terpercaya. Aplikasi dengan fokus pengembangan model 3D, animasi, simulasi hingga rendering ini memberi kemudahan dalam pemberian efek realistis.  Jika dibanding dengan dua aplikasi sebelumnya, Maya menjadi aplikasi yang paling mahir dalam modeling tools untuk efek.

Berbeda dengan paket Autocad PDMC, Media & Entertainment collection berfokus pada penyediaan graphic 3D untuk kebutuhan hiburan. Hal ini dapat dilihat dari deretan aplikasi yang berfokus pada modeling 3D dan rendering. Seperti Maya yang memiliki efek nyata dengan bantuan custom graph dapat diintegrasikan dengan software Bifrost graph editor.

4. MotionBuilder

Untuk aplikasi yang satu ini, fitur dan toolkits yang tersedia difokuskan untuk membuat karya animasi karakter 3D. Berbagai macam jenis gerakan animasi telah terdaftar dalam fitur prebuilt, yang mana bisa Anda akses dari aplikasi originalnya. Library of movement dari motion builder sendiri mencakup berbagai macam gerakan kompleks dengan environment optimization.

5. Mudbox

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi mengukir patung, Mudbox memberikan fitur yang berbeda dengan aplikasi 3D lainnya. Toolbox yang ditawarkan mempermudah modeling karakter 3D dengan cara layaknya melukis dan mengukir. Sistem software Mudbox sendiri bekerja dengan geometri dan tekstur 3D yang sangat detail. Sehingga Anda bisa berkarya dengan mudah. 

Berbagai Pengaplikasian Software

1. Produksi Film Dan Acara TV

Penggunaan kompilasi aplikasi ini dalam dunia Film dan TV cukup luas. Layaknya Bim 360 yang menjadi aplikasi manajemen kerja, maka Media and entertainment collection adalah perangkat untuk produksi. Anda bisa menciptakan berbagai macam visual efek dengan bantuan tools, teknik, dan rendering berkualitas.

Para artis atau seniman di dalam tim dapat berkarya secara maksimal dengan peralatan profesional. Akses pada simulasi bifrost pun menjadi tambahan efek dengan skala tingkat hasil realistis. Diikuti dengan mesin render Arnold, produk 3D yang Anda model akan menjadi suatu proyek yang tampil indah di industri perfilman.

2. Desain Dan Pengembangan Game

Tidak hanya untuk kebutuhan dunia perfilman, ternyata pengembangan games juga tidak luput dari aplikasi 3D. Dalam hal ini, koleksi aplikasi ini akan menjadi papan untuk menciptakan model yang indah, artistik, dan fleksibel secara bebas. Berbagai konten dan tools yang beragam pun akan mempermudah studio untuk membuat aset game.

Hal ini bisa menjadi pendorong untuk menciptakan sebuah game dengan tekstur dan visualisasi realistis. Bantuan software Arnold juga menjadi mesin terkuat dengan kemampuan merender  momen indah. Yang mana diikuti dengan detailing, movement, dan animasi kompleks dengan kesan karya yang tampak nyata.

Haruskah Anda Menggunakan Produk Ini?

Sama halnya dengan paket lainnya, termasuk Bim 360 Design, Media and entertainment collection adalah produk yang wajib digunakan studio yang menggunakan karakter 3D. Seperti contohnya adalah studio perfilman kartun anak yang berfokus pada karakter model tiga dimensi. Keberadaan aplikasi yang terintegrasi mampu menunjang operasional kerja seperti berikut ini.

1. Kemampuan Render Lebih Baik

Jika Anda pertimbangkan dengan baik, hasil tampilan karakter 3D akan semakin nyata dengan kemampuan render berkualitas. Dalam hal ini, paket aplikasi akan memberikan 5 lisensi resmi untuk aplikasi Arnold. Dengan begitu, aplikasi ini dapat digunakan untuk mendapat hasil rendering berkualitas tinggi dengan skala output yang lebih banyak.

2. Simulasi Scalable

Tidak hanya dengan skalabilitas rendering, Anda pun mendapat akses untuk menjalankan software Bifrost di 15 mesin. Dengan kemampuan ini, maka tidak menutup kemungkinan untuk menciptakan efek dengan tampilan indah. Tentunya semua ini hanya bisa didapat dari aplikasi resmi yang bisa Anda beli dari website official.  

3. Akses Untuk Creative Tools

Integrasi dan juga ketersediaan tools beserta fitur profesional adalah jaminan nyata dari produk resmi. Membeli atau berlangganan aplikasi dari website resminya akan memberi para pekerja studio akses untuk segala creative tools. Mulai dari tools di aplikasi 3ds max, sculpting di Mudbox, dan modeling di Maya. 

4. Fleksibilitas Perekrutan 

Keberagaman aplikasi yang terintegrasi mendukung perekrutan yang lebih fleksibel. Anda bisa menggunakan Autodesk Inventor untuk mencari ide baru dalam penciptaan karya 3D. Merekrut seniman 3D pun lebih mudah karena persyaratan rekrutmen lebih luas. Namun pastinya, Anda akan mendapat aplikasi dan fitur lengkap dengan produk resmi berlisensi.

Pada dasarnya, paket media dan Entertainment ini mencakup beberapa aplikasi perangkat lunak untuk memproses gambar 3D. Aplikasi ternama seperti 3ds Max, Motion builder, Maya, Mudbox, dan Arnold bisa Anda dapatkan dalam satu paket seharga sekitar 2,250 USD per tahun. Seluruh aplikasinya adalah original dan berlisensi dengan integrasi beserta fitur lengkap.

  • Bagikan