Profil Prof Azyumardi Azra Yang Meninggal Dunia Kemarin

  • Bagikan
Profil Prof Azyumardi Azra Yang Meninggal Dunia Kemarin
Profil Prof Azyumardi Azra Yang Meninggal Dunia Kemarin

HARIAN.ID – Profil Prof Azyumardi Azra Yang Meninggal Dunia Kemarin Kabar duka datangnya dari Universitas Islam Negeri Jakarta dimana Prof azyumardi Azra pada hari kemarin Selasa 20 September telah meninggal dunia di mana diketahui dirinya adalah ketua dewan pers dan guru besar UIN Jakarta dan menjadi salah satu sosok panutan bagi para dewan pers yang ada di tanah air.

Prof azyumardi Azra merupakan ketua dewan pers dan guru besar Universitas Islam Negeri Jakarta yang meninggal pada hari kemarin dan selanjutnya telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan daerah Kalibata Jakarta Selatan pada hari Selasa 20 September.

Pada Upacara pemakaman tersebut diketahui langsung dihadiri oleh mantan menteri agama Lukman Hakim Saifudin dan sejumlah menteri kabinet Presiden Jokowi dan terlihat beberapa pejabat dan tokoh publik.

Menurut mantan menteri agama Lukman Hakim Saifudin, apabila dirinya dan segenap masyarakat Indonesia yang mengenal sosok almarhum akan merasa kehilangan dan ikut berduka cita kekanakan semasa hidup almarhum adalah sosok yang agamis akan tetapi terpelajar.

Selanjutnya lukman mengatakan apabila almarhum dikenal sebagai sosok yang selalu membahas moderasi Islam dan juga moderasi beragama dan diketahui apabila prof Azra adalah sosok yang memberikan landasan akademik yang sangat terkemuka tentang Islam di nusantara apalagi dirinya adalah guru besar di UIN Jakarta.

Selanjutnya menurut Menteri Agama, apabila Prof Azra suka sekali terkait kemanusiaan dan meyakini betul apabila agama merupakan landasan untuk memanusiakan manusia dan selanjutnya menurut mantan menteri agama dirinya berharap supaya generasi muda dan siapapun yang masih hidup dapat melanjutkan perjuangan almarhum.

“Beliau adalah sosok yang memberikan landasan akademik terkait apa dan mengapa Islam nusantara artinya Bagaimana Islam diterapkan di nusantara ini. Apabila beliau berbicara terkait keadilan selanjutnya hak asasi manusia sampai demokrasi maka beliau hakekatnya suka mengatakan Bagaimana supaya Sisi kemanusiaan tidak tercerabut dari setiap Insan. Karena menurut almarhum esensi agama adalah sesuatu yang penting dan pastinya Kita semua harus melanjutkan perjuangan almarhum,” kata mantan menteri Agama.

Profil Prof Azyumardi Azra

Seperti dikutip dari laman Wikipedia berikut adalah profil biodata almarhum Prof azyumardi Azra.

Nama lengkap: Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, M.A., M.Phil., CBE
Tanggal lahir: 4 Maret 1955
Tempat lahir: Lubuk Alung Padang Pariaman Sumbar
Agama: Islam
Profesi: Cendekiawan Islam, guru besar UIN Jakarta, ketua pers.
Tanggal wafat: 18 September 2022 di usia 67 tahun
Nama istri: Ipah farihah
Jumlah anak: 4 orang anak.

Diketahui sebelumnya apabila jenazah almarhum prof azyumardi Azra tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata jam 8.30 wib selanjutnya peti jenazah kelihat diselimuti bendera merah putih dan selanjutnya keluarga mengiring almarhum sampai liang lahat dan sebelum tiba di TMP Kalibata, jenazah almarhum disalatkan di auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah jakarta.

  • Bagikan