10 Cara Menghindari Modus Penipuan Bank Digital

  • Bagikan
Modus Penipuan Bank Digital
Modus Penipuan Bank Digital

HARIAN.ID – 10 Cara Menghindari Modus Penipuan Bank Digital Ternyata sekarang ini banyak sekali modus penipuan dengan kedok bank digital yang sudah banyak memakan korban malahan yang belum lama ini terjadi yaitu sebuah kasus penipuan melalui bank digital bank BTPN di mana salah seorang nasabahnya terkena penipuan Melalui aplikasi Bank digital. Maka bagi kalian yang suka menggunakan bank digital sebagai alat transaksi online, maka haruslah diwaspadai dan mengetahui cara menghindari modus penipuan bank digital yang akan kami bahas pada penjelasan kali ini.

Cara menghindari modus penipuan bank digital yang akan kami bahas, supaya bisa memberikan edukasi dan pelajaran yang sangat berharga bagi anda pengguna aplikasi Bank digital misalnya saja aplikasi jenius dan lainnya, agar tidak tertipu oleh orang yang tidak bertanggung jawab Sehingga nantinya bisa membuat anda rugi. Pasalnya banyak sekali kejadian kasus pembobolan rekening melalui modus aplikasi Bank digital atau modus lainnya yang sangat merugikan.

Sudah banyak terjadi beberapa kejadian penipuan melalui bank digital sebut saja aplikasi jenius dari Bank BTPN, aplikasi Maybank, aplikasi digital Bank Commonwealth Australia, dan beberapa aplikasi lainnya.

Cara Menghindari Modus Penipuan Bank Digital

Bagi anda semua yang belum mengetahui apa saja tips untuk menghindari modus penipuan bank digital yang saat ini sedang marak terjadi, maka silakan untuk membaca penjelasan kami di bawah ini.

Modus Penipuan Bank Digital
Modus Penipuan Bank Digital

Tidak angkat telepon dari nomor tidak dikenal

Cara pertama yang bisa kalian lakukan supaya memproteksi diri dari aksi kejahatan cyber atas penipuan bank digital yaitu ketika ada yang melakukan panggilan dari nomor yang sama sekali tidak Anda ketahui Maka sangat recommended untuk tidak mengangkatnya.

Biasanya Apabila pihak bank melakukan kontak ke nomor anda, maka sudah mempunyai nomor dari resmi bank tersebut dan biasanya mereka hanya menawarkan produk bank diantaranya kredit sampai asuransi dan dipastikan nomor sangat anda ketahui.

Tidak menulis data pribadi di medsos

Selanjutnya yang sangat recommended harus anda perhatikan yaitu ketika ingin mengupload data pribadi di media sosial Maka recommended untuk ditutupi di bagian yang sangat penting atau sama sekali anda tidak usah mengupload data pribadi.

Data pribadi tersebut diantaranya nomor handphone, tanggal lahir sampai nama panjang Anda dikarenakan perilaku ini bisa memancing para penipu untuk melakukan aksi penipuan kepada anda.

Tidak menginformasikan info pribadi tentang bank

Harus Anda pahami apabila siapapun di media sosial dapat berpotensi menjadi pelaku tindak kejahatan sehingga sangat recommended anda tidak harus memberikan Informasi pribadi tentang masalah bang baik KTP sampai nomor rekening anda terutama ibu kandung dikarenakan hal ini bisa menjadi penyebab Anda terkena aksi penipuan.

Waspada SMS dan email mencurigakan

Apabila anda mendapatkan SMS atau email dari seseorang yang tidak anda Kenal Maka jangan dibuka, apalagi sudah menjurus kepada tindak pidana penipuan.

Tidak membuka link sembarangan

Ternyata banyak sekali korban yang mengalami pembobolan rekening bank setelah mereka mengisi Link sembarangan terutama login dengan menggunakan akun media sosial.

Kejadian ini biasa disebut dengan tindak pidana phising yaitu pencurian data melalui website yang ditiru supaya mendapatkan seluruh data korban.

Jika tertipu langsung blokir rekening bank

Para penipu di zaman sekarang ini sudah sangat pintar untuk mengelabui korban sehingga apabila anda terlanjur tertipu maka datanglah ke bank tersebut supaya melakukan pemblokiran kartu kredit ataupun kartu debit agar uang yang anda miliki tidak banyak dibobol atau sebelum dibobol oleh pelaku

Lakukan pembaruan data

Apabila kalian sudah menjadi target aksi penipuan sampai diketahui seluruh data perbankan maka datanglah ke bank, selanjutnya recommended secara cepat langsung melakukan pembaruan data kepada pihak bank seperti mengganti nomor telepon dan lain sebagainya supaya Anda mendapatkan nomor rekening baru yang tidak diketahui oleh penipu.

Tidak menyimpan data pribadi di HP dan komputer

Dikarenakan aksi tindakan pembobolan rekening sudah sangat mahir maka sangat recommended untuk tidak menyimpan informasi data penting di HP dan juga PC dan recommended mempunyai catatan yang aman seperti password rekening dan Mobile Banking pada kapan bukan disimpan di komputer Abang HP anda bisa menulis manual informasi di buku catatan yang bisa anda Simpan dengan baik di rumah.

Memakai sistem keamanan handphone

Kalian bisa menggunakan sistem keamanan handphone yang sudah disediakan diantaranya Face Unlock Apple sensor fingerprint dan NFC agar bisa menjaga dompet digital atau bank digital dari para pembobol yang memang mempunyai kepintaran di atas rata-rata.

Selanjutnya hindarilah menginstal aplikasi yang memang bukan dari Google Play Store atau yang biasa disebut dengan aplikasi jahat dikarenakan hal ini bisa saja mencuri data Anda.

Aktifkan fitur keamanan Two Factor Authentication

Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur 2fa Two Factor Authentication yaitu fitur autentikasi dua faktor walaupun terlihat sederhana namun dengan fitur verifikasi dua langkah ini maka akun media sosial sampai aplikasi Bank digital akan aman dikarenakan mempunyai fitur keamanan ganda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *