Cara Mendapatkan Kuota Kemendikbud Terbaru 2021

  • Bagikan
Kuota Kemendikbud Terbaru 2021
Kuota Kemendikbud Terbaru 2021

HARIAN.ID – Cara Mendapatkan Kuota Kemendikbud Terbaru 2021 Belum lama ini pihak kementerian pendidikan, kebudayaan, ristek dan teknologi atau Mendikbud ristek menteri nadiem Makarim, secara resmi kembali umumkan terkait masalah bantuan kuota Kemendikbud pada bulan Agustus 2021 untuk bulan september Oktober dan November. Dipastikan jadwalnya sendiri kuota internet gratis Kemendikbud sudah terlampir dengan besaran kuota yang akan dibagikan kepada masyarakat terutama para pelajar dan mahasiswa.

Kuota Kemendikbud terbaru 2021 yang akan dibagikan oleh pemerintahan presiden Jokowi melalui Mendikbud ristek dipastikan akan mulai hadir dengan kuota yang sama pada tahun kemarin dan selanjutnya bisa dimanfaatkan oleh para siswa dan juga guru untuk menjadi kuota belajar secara daring di rumah dan dipastikan masih gratis.

Kuota gratis dari pemerintah ini, adalah bantuan paket data internet yang diperuntukkan untuk siswa, mahasiswa, dan tenaga pendidik yang akan hadir pada bulan September sampai bulan November 2021.

Menurut menteri nadiem Makarim dalam Konferensi pers yang berlangsung pada hari Rabu kemarin, untuk seluruh dana yang akan dikeluarkan oleh pemerintah melalui Kemendikbud yaitu sekitar Rp 2,3 triliun ar ar yang diperuntukan sebagai lanjutan bantuan kuota data internet bagi 26,8 juta siswa mahasiswa, guru dan dosen, yang ada di Indonesia.

Kuota Kemendikbud

Untuk jadwal pemberian kuota data internet seperti yang telah diungkapkan oleh menteri nadiem Makarim, apabila bantuan kuota internet tersebut akan disalurkan secara berkala setiap bulan dengan jadwal seperti berikut ini.

  1. Gratis kuota kemendikbud pada bulan September akan dibagikan mulai dari tanggal 11 sampai tanggal 15.
  2. Gratis kuota Kemendikbud pada bulan Oktober akan dibagikan mulai dari tanggal 11 Oktober sampai tanggal 15 Oktober 2021
  3. Kuota Kemendikbud gratis di bulan November akan dibagikan mulai tanggal 11 november sampai tanggal 15 November dan kuota akan berlaku sampai 30 hari semenjak diterima atau diaktifkan.
Kuota Kemendikbud Terbaru 2021
Kuota Kemendikbud Terbaru 2021

Penerima bantuan kuota Kemendikbud

Lalu siapa saja masyarakat yang berhak mendapatkan kuota data paket internet gratis dari Kemendikbud maka hal ini sudah tertuang dari peraturan sekretaris jenderal No 14 tahun 2021 terkait perubahan peraturan sekretaris jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan no 4 Tahun 2021 yang menyatakan petunjuk teknis penyaluran bantuan pemerintah untuk paket kuota data internet di tahun ini.

Penerima bantuan yang berhak memperoleh kuota dari Kemendikbud sudah diatur diantaranya adalah:

  • Seluruh peserta didik untuk pendidikan anak usia dini atau Paud dan jenjang pendidikan dasar juga menengah.
  • Seluruh pendidik atau guru untuk jenjang PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah
  • Seluruh mahasiswa dan dosen.

Syarat penerima bantuan kuota Kemendikbud

Ada persyaratan yang harus anda ketahui bagi siapa saja yang berhak memperoleh kuota data gratis dari pihak Kemendikbud diantaranya adalah:

  • Seluruh peserta didik PAUD untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah beserta guru sudah terdaftar di aplikasi Dapodik
  • Mempunyai nomor ponsel yang masih aktif atas nama peserta didik orang tua, anggota keluarga, atau wali.
  • Untuk mahasiswa sudah terdaftar di aplikasi PD Dikti dan berstatus mahasiswa aktif di dalam perkuliahan dan juga mereka mempunyai kartu rencana studi di semester berjalan dan harus mempunyai nomor smartphone aktif
  • Untuk dosen harus terdaftar di aplikasi PD Dikti dan masih aktif, selanjutnya mempunyai nomor registrasi (NIDN, NIDK, atau NUP) dan terakhir mempunyai nomor aktif.

Besaran kuota kemendikbud

Selanjutnya untuk besaran kuota yang akan didapatkan diantaranya adalah:

  1. Untuk siswa PAUD akan menerima bantuan kuota dari Kemendikbud secara gratis dengan besaran 7 GB per bulan
  2. Untuk siswa SD SMP dan SMA akan mendapatkan bantuan kuota Kemendikbud sebesar 10 GB
  3. Untuk guru PAUD dan jenjang pendidikan SD sampai SMA akan memperoleh kuota kemendikbud sebesar 12 GB per bulan
  4. Untuk mahasiswa dan juga dosen akan memperoleh kekuatan bantuan dari Kemendikbud yaitu sebesar 15 GB setiap bulan.

Web resmi kuota gratis Kemendikbud

Apabila anda sebagai siswa sudah terdaftar Melalui guru ataupun mahasiswa melalui kampus maka untuk dari Kemendikbud secara resmi bisa diakses melalui website berikut ini: https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *