Mampu Kontrol Tekanan Darah, Intip 5 Manfaat Buah Bit Untuk Tubuh

  • Bagikan
Buah Bit
Buah Bit

Buah bit adalah salah satu jenis buah yang identik dengan warna ungu. Umumnya, banyak orang memanfaatkan akarnya sebagai obat karena memiliki rasa yang manis. Namun ternyata saat ini banyak pula yang mengonsumsi buahnya. Lalu apa saja manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh? Mari simak selengkapnya berikut ini.

Mampu Tingkatkan Stamina

Manfaat pertama yang terkandung dalam buah bit adalah mampu untuk membuat tubuh menjadi bertenaga. Biasanya buah satu ini menjadi salah satu makanan yang dikonsumsi oleh atlet lantaran memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Sehingga tak heran jika buah bit digolongkan menjadi salah satu makanan yang mampu tingkatkan stamina.

Dimana kandungan nitrat yang terdapat dalam buah satu ini akan mampu untuk meningkatkan kebugaran. Ketika anda mengonsumsi buah ini, maka akan meningkatkan mitokondria untuk memproduksi energi dari sel yang ada di dalam tubuh. Hal ini akan membuat performa fisik semakin meningkat.

Tekanan Darah Dapat Terkontrol

Manfaat buah bit selanjutnya adalah mampu untuk mengontrol tekanan darah. Memiliki tekanan darah yang tinggi akan menjadi salah satu faktor yang cukup beresiko untuk terkena penyakit membahayakan lain, seperti stroke, serangan jantung dan juga lain sebagainya.

Sehingga, tekanan darah yang terkontrol akan mampu untuk mencegah bermunculan penyakit serius lainnya. Salah satu langkah yang bisa anda coba adalah dengan mengonsumsi buah bit. Hal ini dikarenakan ketika anda mengonsumsinya, maka tekanan darah akan turun hingga 4 -10 mmHg.
Akan tetapi, jika anda ingin merasakan manfaat dari buah satu ini, lebih baik anda mengonsumsinya ketika masih dalam keadaan yang mentah. Sebab, buah tersebut akan memiliki kandungan konsentrat nitrat yang cukup tinggi dalam keadaan mentah. Sehingga nantinya akan membuat tekanan darah menjadi menurun.

Membantu Melancarkan Pencernaan

Selain itu, manfaat buah bit yang lain adalah mampu untuk melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan dalam satu cangkir buah bit terdapat 3.4 gram serat. Sehingga dengan adanya kandungan serat tersebut akan membantu anda untuk melancarkan buang air besar. Sebab, mengonsumsi buah satu ini akan membantu makanan bergerak melalui usus cerna.
Atasi Peradangan

Hal lain yang bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi buah satu ini adalah mampu mengatasi peradangan. Pada peradangan yang kronis, umumnya akan dikaitkan dengan beberapa penyakit tertentu, seperti kanker, gangguan liver, penyakit jantung dan juga obesitas.

Dengan mengonsumsi buah satu ini ternyata memiliki kandungan betalain. Dimana kandungan tersebut merupakan pigmen yang bersifat anti inflamasi. Hal ini tentu saja akan membantu tubuh untuk bisa mengatasi masalah peradangan yang dihadapi. Selain itu, kandungan betalain tersebut akan mampu mengurangi rasa sakit dan tak nyaman yang diakibatkan oleh osteoarthritis.

Kesehatan Otak Akan Meningkat

Seiring dengan bertambahnya usia, maka fungsi otak pun mengalami penurunan. Ketika anda mengonsumsi buah satu ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sekaligus fungsi pada otak. Hal ini dikarenakan manfaat buah bit tersebut lantara adanya kandungan nitrat yang mampu tingkatkan fungsi kognitif dan mental yakni dengan cara melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lancar.

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi buah satu ini. untuk itu, tak ada salahnya untuk mulai rutin dalam konsumsi buah bit. Hal ini dikarenakan terdapat banyak sekali manfaat baik yang bisa didapatkan oleh tubuh. Tentu saja, dibarengi dengan makanan yang bergizi dan pola hidup sehat, akan membuat tubuh lebih bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *