Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Vaksin Covid 19

  • Bagikan
Vaksin Covid
Vaksin Covid

Persiapan sebelum Vaksin Covid 19. Masa pandemi yang berlangsung lebih dari setahun ini masih belum menunjukkan akan berakhir. Oleh karena itu, vaksin pun diperlukan guna mengurangi terjadinya infeksi berat jika terkena virus Covid 19. Bagi anda yang ingin melakukan suntik ini, berikut beberapa persiapan sebelum vaksin covid 19 yang bisa anda lakukan.

Melakukan Pendaftaran dan Memastikan Bahwa Nama Telah Terdaftar

Hal pertama yang bisa anda persiapkan sebelum melakukan vaksin adalah mendaftar terlebih dahulu. Saat ini, terdapat beberapa pos vaksinasi yang bisa anda kunjungi untuk daftar vaksin. Tidak hanya itu saja, anda pun juga bisa mencari vaksin dan mendaftarkannya secara online maupun kolektif.
Anda bisa mendaftar sesuai dengan ketentuan dari penyelenggara tersebut. Usahakan untuk menghindari datang secara langsung tanpa melakukan pendaftaran atau perjanjian terlebih dahulu. Sebab, hal ini akan memicu kerumunan yang panjang. Selain itu, jika dosis vaksin yang disediakan tidak banyak, tak menutup kemungkinan anda tidak akan mendapatkan vaksin.

Pemeriksaan Kondisi Tubuh

Persiapan sebelum vaksin covid 19 selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan kondisi tubuh. Pastikan saat anda datang ke sentra vaksin, tubuh sedang dalam kondisi yang baik. Jika anda memiliki penyakit penyerta atau komorbid, sebaiknya memeriksakan kondisinya terlebih dahulu ke dokter dan memastikan bahwa boleh menerima vaksin atau tidak.

Untuk itu, sebelum anda datang ke tempat vaksin, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu dan mendapatkan rekomendasi dari dokter. Selain itu, anda juga perlu memastikan bahwa suhu anda normal yakni di bawah 37.3 derajat celcius dan juga memiliki tekanan darah yang dibawah 180/110. Sehingga anda datang ke sentra vaksin memang dalam keadaan yang sehat.

Mempelajari Bagaimana Rangkaian Proses Vaksinasi

Selanjutnya, persiapan sebelum vaksin covid 19 adalah dengan mempelajari dahulu bagaimana rangkaian dari proses vaksinasi tersebut. Rangkaiannya sendiri adalah peserta datang ke tempat vaksin, di cek suhu dan langsung menuju ke meja 1 untuk melakukan proses registrasi, yakni mengisi skrining dan verifikasi pendaftaran.

Kemudian, peserta vaksin bisa menuju ke meja kedua untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Lanjut, ke meja tempat melakukan pengecekan tekanan darah dan nantinya anda akan diarahkan untuk vaksin. Selanjutnya, anda akan disuruh menunggu selama kurang lebih 30 menit untuk mengindikasi adanya gangguan atau tidak setelah vaksin. Setelah observasi, anda akan diberikan bukti telah melakukan vaksin di meja terakhir.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum melakukan vaksin.

Vaksin covid 19 memang tidak semenyeramkan yang anda kira. Oleh karena itu, sebelum melakukannya pastikan untuk mengecek kondisi kesehatan terlebih dahulu, apakah anda memang boleh untuk divaksin atau tidak. Apabila anda memang boleh divaksin, maka lakukan pendaftaran dan prosedur yang sesuai. Sehingga nantinya proses vaksin tersebut bisa berjalan lancar.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *